BERITA AKTUAL INVESTIGASI NASIONAL

Pangdam IX/Udayana Wujudkan Soliditas Sosial Melalui Donor Darah

Pangdam IX/Udayana Wujudkan Soliditas Sosial Melalui Donor Darah
 


Bali,bakinnews.com Dalam suasana memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2018, Kodam IX/Udayana tiada henti berupaya untuk mewujudkan rasa soliditas sosial dengan berbagai kegiatan kemanusiaan, seperti yang dilaksanakan pada hari ini Rabu (12/12) atas prakarsa Pangdam IX/Udayana,  Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, Kodam IX/Udayana bersinergi dengan UTD PMI Provinsi Bali melaksanakan Donor Darah di Aula Makorem 163/Wira Satya.
 
Kegiatan ini diikuti oleh 345 orang dari anggota TNI, Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kodam IX/Udayana dan Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang dan Ranting yang ada di wilayah Garnizun Denpasar.
 
Pelaksanaan donor darah ini berhasil mengumpulkan 251 kantong darah terdiri dari golongan  A  53  kantong, golongan B 86 kantong, golongan AB 16 kantong dan golongan O 96 kantong,  sementara 94 orang tidak memenuhi syarat untuk donor karena alasan kesehatan tensi tinggi dan rendah. Dari hasil yang terkumpul semuanya disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan darah melalui UTD PMI Provinsi Bali.
 
Kegiatan ini diawali dengan acara seremonial dipimpin oleh Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri yang  pada kesempatan tersebut membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana, menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pendonor yang sudah hadir dalam mendukung kegiatan kemanusiaan ini sebagai wujud adanya perhatian, partisipasi dan kebersamaan dalam menumbuhkan rasa solidaritas sosial dengan memberikan bantuan setetes darah kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan darah.
 
Dengan menyumbangkan setetes darah mempunyai arti yang sangat besar dan memiliki misi kemanusiaan dalam menyelamatkan jiwa sesorang. Disamping itu mendonorkan darah juga akan mempunyai banyak manfaat bagi sipendonor terutama dalam menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius, demikian tandas Pangdam.

Pada kegiatan tersebut para pejabat yang hadir antara lain, Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam, Kapoksahli, Para Staf Ahli, Staf Khusus, LO AL, LO AU, para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana, unsur UTD PMI Provinsi Bali dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana.
Ernanda, Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *