BERITA AKTUAL INVESTIGASI NASIONAL

Tanahnya diserobot warga Kapolres Balukumba enggan menerima laporan karena tidak memiliki bukti kepemilikan

Andi Asmawati ahliwaris almarhum H.Andi Ahmad melaporkan kasus penyerobotan tanah dengan menyurati Kapolres Bulukumba prihal laporan pengaduan oleh sekelompok masyarakat desa Bonto biraeng yg dikomandoi oleh 3 lelaki masing 1.Hamming 2.Sulo.3.Haeruddin, ketiganya adalah penduduk Dusun Ganta Desa Bonto Biraeng kec.Kajang kab.bulukumba.

Menurut A.Asmawati dan saudara2nya Para Ahliwaris Almarhum H.A.Ahmad Tanah yg terletak di dusun Ganta desa Bonto biraeng seluas 50 Ha telah digarap selama 35 tahun secara turun temurun sampai saat ini tiba2 ke tiga lelaki tersebut mengomandoi sekelompok masyarakat masuk menyerobot dengan menanam jagung di lokasi tanah tersebut.

Atas kejadian itu Asmawati atas nama Ahliwaris melaporkan ke kepala desa Bonto Biraeng Agar turun tangan mencegah perbuatan penyerobotan itu. Atas laporan itu, Kades Bonto biraeng memfasilitasi pertemuan antara pemilik dan kelompok penyerobot dan dihadiri oleh Kapolsek Kajang dgn jajarannya.

Kapolsek Kajang yang tampil menjadi mediator setelah mendengar alasan masing-masing dan menarik kesimpulan bahwa persoalan ini tidak bisa mencapai kesepakatan sehingga pihak Ahliwaris yang dikorbankan segera melapor ke polres Bulukumba.

Ahliwaris mendatangi polres Bulukumba untuk melaporkan kejadian tersebut namun pihak polres Bulukumba enggan menerima laporan karena Ahliwaris tidak memiliki bukti kepemilikan yakni Sertifikat dan mengarahkan untuk membuat surat pengaduan ke Kapolres.

Pihak Ahliwaris sangat menyayangkan Atas lambatnya penanganan Polres Bulukumba sehingga hampir terjadi bentrokan fisik dilapangan.

Patut diduga bahwa kasus penyerobatan tanah tersebut melibatkan Kepala Desa Bonto Biraeng, pasalnya selama 3 tahun terakhir Ahliwaris pemilik tanah yang diserobot tidak membayar pajak disebabkan karena pihak pemerintah desa dalam hal ini adalah kolektor Pajak tidak menyampaikan SPPT ke Ahliwaris, kuat dugaan SPPT tanah tersebut telah dihapus tanpa ada klarifikasi ke pemilik.

Lintas Media_PWO I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *