BERITA AKTUAL INVESTIGASI NASIONAL

Ribuan Keping KTP Elektronik dimusnahkan oleh Disdukcapil Kab. Bandung

Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan dan kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan, serta untuk menghindari penyalahgunaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung memusnahkan 29.389 keping KTP-el rusak  atau invalid di depan kantor Disdukcapil Kabupaten Bandung, Senin (17/12).

Kepala Disdukcapil Kab. Bandung Drs. H. Salimin, M.Si mengatakan bahwa, pemusnahan KTP-el berdasarkan Surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No.470.13/11176/SJ Tentang Penatausahaan KTP-el Rusak Atau Invalid.

“Untuk penertiban sesuai arahan menteri dalam negeri, yang masa berlakunya habis, rusak atau invalid supaya tidak bisa disalahgunakan, dan menyikapi tudingan-tudingan  yang lagi gencar di media saat ini.” Katanya.

Lebih lanjut, Salimin mengatakan bahwa Surat Edaran tersebut disampaikan kepada Bupati/ Wali Kota agar menugaskan Kadisdukcapil Kabupaten/Kota untuk melakukan pencataan dan pemusnahkan KTP-el yang rusak atau invalid.

Salimin menegaskan apabila terdapat KTP-el rusak atau invalid segera dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar, Serta membuat berita acara pemusnahan tersebut dan melakukan langkah-langkah pengamanan gudang penyimpanan, agar terhindar dari pencurian dan penyahagunaan dokumen Negara.

“Allhamdulilah dengan dihilangkanya KTP-el rusak atau invalid ini, jadi saya terhindar dari tudingan-tudingan, dan semoga tidak ada kecurigaan lagi.” Pungkasnya. Aa/Yayat

Sumber :Lintasmedia_PWO I/smi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *