BERITA AKTUAL INVESTIGASI NASIONAL

Husler Berharap Festival Seni Tabuh Bagelanjur Peradah Ini Menghadirkan Bibit Baru Yang Akan Melestarikannya

Husler Berharap Festival Seni Tabuh Bagelanjur Peradah Ini Menghadirkan Bibit Baru Yang Akan Melestarikannya

Sulawesi selatan,Bakinnews.com Bupati Luwu Timur HM. Thorig Husler, menghadiri Festival Seni Tabuh Baleganjur Peradah Kabupaten Luwu Timur Tahun 2018 yang bertempat di Wantilan Pura Jagat Natha Desa Kertoraharjo, Kecamatan Tomoni Timur, Minggu (23/12/2018).

Sebelum festival dimulai, Bupati Luwu Timur menyerahkan Piala Bergilir dan Uang Pembinaan Kepada Ketua Peradah Luwu Timur dan acara tersebut dihadiri oleh Ketua PHDI Provinsi Sulsel, I Nyoman Sumarya, Anggota DPRD Luwu Timur, Kepala Dinas PMD Luwu Timur, Halsen, Ketua Peradah Kabupaten Luwu Timur, I Ketut Iriawan Budiarta, Camat Tomoni Timur, Nursan Oddang dan Ketua PHDI Kabupaten Luwu Timur, Kepala Desa.

Kegiatan yang bertemakan “Melalui Festival Seni Tabuh Baleganjur Keagamaan Hindu, Kita Tingkatkan Kreativitas Generasi Muda Hindu” dalam rangka melestarikan dan menumbuhkan kecintaan terhadap seni budaya demi keharmonisan sesuai tema “Harmoni Baleganjur di Bumi Batara Guru” yang dikuti 10 peserta se-Kabupaten Luwu Timur.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler mengatakan bahwa, festival ini pernah dilaksanakan di taripa dan ia berharap para peserta tahun ini dapat menunjukkan penabuh profesional.

“Kecintaan terhadap seni budaya adalah tanggung jawab kita bersama, apa lagi ini menyangkut keamanan bagi umat Hindu,” ujarnya.

Thorig Husler memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara karena pagelaran festival seni ini mendapat perhatian pengunjung serta penampilan Baleganjur juga mendapat perhatian lebih masyarakat. “Antusias pengunjung membludak saat menampilkan atraksi enerjik para anak muda diatas Panggung,”ujarnya.

Selain itu, Thorig Husler juga mengungkapkan bahwa, kedepannya kegiatan Festival Seni Tabuh Baleganjur ini kita adakan di lapangan terbuka dengan meriah.

“Harapan bagi kita semua, semoga dengan adanya kegiatan ini akan memunculkan bibit-bibit seni yang ada di desa kita, yang nantinya akan melestarikan serta memajukan seni Tabuh Baleganjur itu sendiri, mengutip kata orang bijak, karena hanya seni yang mampu menghaluskan dan mengindahkan jiwa kita,” kuncinya. Dewa Ernanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *