Pro Kontra Walk Out & Abstain Fraksi Di Kalangan Penggiat & Analis Karawang, Memanas!

Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Karawang yang akan segera di Paripurnakan dalam waktu dekat ini, terus mendapat perhatian publik. Pro dan kontra mulai deras bermunculan dari kalangan penggiat yang aktif mengamati Pemerintahan Karawang. Ada sebagian pihak yang menganggap, bahwa tindakan walk out dan abstain tidak akan mempengaruhi jalannya sidang Paripurna LKPJ Bupati Karawang. Tapi di lain pihak, bahwa walk out dan abstain perlu dilakukan sebagai bentuk keterpihakan wakil rakyat kepada rakyat yang diwakilinya.

Pendapat kembali datang dari Analis Politik Karawang. Dicky Fajar Irawan berpendapat, apa manfaatnya melakukan walk out dan abstain seperti sidang Paripurna LKPJ Tahun 2016 lalu ?

Sekali pun terjadi walk out dan abstain kembali, toh tidak akan berpengaruh pada jalannya sidang Paripurna LKPJ Bupati. Semuanya bisa berjalan, dan DPRD tidak berhak menerima atau menolak. Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 3 Tahun 2007.

“Kewajiban dan Hak DPRD hanya melakukan pembahasan serta membuat rekomendasi saja, sebagai bentuk koreksi bagi Pemerintah dalam menjalankan program kerja di Tahun Anggaran (TA) selanjutnya. Ada pun walk out, itu hanya sebagai sikap politis saja, yang notabene tidak berpengaruh pada LKPJ, ulas Dicky, kepada Jayantara News, Selasa, 17 April 2018, di tempat yang berbeda.

Sesungguhnya, lanjut Dicky, kalau DPRD melakukan walk out atau abstain, itu merupakan kerugian besar bagi DPRD. Karena tidak dapat menyampaikan rekomendasinya yang disampaikan dalam bentuk kata akhir atau pandangan akhir Fraksi.

“Namun dalam hal ini, saya memiliki keyakinan, bahwa Fraksi DPRD tidak mungkin melakukan tindakan yang sama, seperti halnya Tahun 2016. Walaupun itu didorong oleh saudara Ferry Alexi Dharmawan”.

Wajar saja kalau saudara Ferry mendorong agar terjadinya walk out, mungkin dia belum membaca PP No 3 Tahun 2007 yang sudah dijelaskan secara gamblang oleh saudara Andri Kurniawan, ucap Dicky diakhir bincangan. JN – IMO

Tinggalkan Balasan