Giat Prajurit Kodam III Siliwangi & Warga Cibeunying Cimenyan Rempug Cidurian Tuai Apresiasi

Menyikapi permasalahan sampah di wilayah Cimenyan, Kabupaten Bandung khususnya, memang butuh kesinergian dari beberapa pihak, baik lembaga Pemerintahan, swasta, LSM / Ormas, para Tokoh Masyarakat, Agama, Seni Budaya, Pemuda maupun elemen lain (stakeholder).

Hal ini perlu, karena persoalan sampah adalah persoalan bersama. Jadi menyikapi permasalahan sampah yang bisa berdampak banjir dan menghasilkan limbah, ya permasalahan semua. Artinya, kita semua, tanpa memilah – milah suku, agama, si miskin dan si kaya. Semua harus bergerak. Demikian Asep Rahayu, selaku Kepala Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan menuturkan, ketika dikonfirmasi usai rapat sosialisasi terkait Program Citarum Harum yang merupakan Program Nasional, di aula Kelurahan Cibeunying, Minggu (22/4/2018).

IMG_20180422_111708

“Terkait sampah pun, bulan Mei kita sudah siap mengelola sampah berikut Septic Tank Comunal. Kita selalu mendukung Program Citarum Harum, dan siap bersinergi demi untuk kemaslahatan bersama. Adapun terkait Citarum Harum semua kepengurusan sudah sepakat, dari mulai pengelolaan sampah dan program penunjang lainnya, Asep menambahkan.

Begitu pun kiprah dari Prajurit TNI Kodam III Siliwangi yang selalu bersinergi dengan masyarakat dalam rangka sosialisasi sekaligus membenahi setiap aliran sungai yang dirasa rancu dan perlu pembenahan terkait sampah dan limbah sebagai penunjang Program Citarum Harum.

IMG_20180422_111623

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa dalam rangka mensukseskan Program Citarum Harum, Prajurit Kodam III Siliwangi, Dan Sektor 22 Subsektor 02, bersama – sama warga masyarakat Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, melakukan giat kerjabakti membersihkan Sungai Cidurian dari sampah yang berdampak ke Sungai Citarum.

Tahyudin, selaku Ketua RW wilayah setempat, mengimbau kepada warga masyarakat khususnya warga RW 03, agar tidak membuang sampah ke sungai. “Septic Tank harus ada tempat penampungan, agar ketika mengalir ke sungai sudah bersih. Karena ini masuk program ke RW an juga,” tandasnya.

“Rencana minggu depan, kita mau adakan sosialisasi para pengusaha sablon yang ada di wilayah RW 03, terkait pembuangan limbah yang harus menggunakan bak kontrol. Agar saat mengalir ke sungai, kotorannya bersih,” ucap Yudin.

Pelda Nur Suhud selaku Dan Sub Sektor 02, (Dan Sektor 22, Sub Sektor 02) yang didampingi Kopda Bambang Rahmanto, Sertu Jajang Asep menuturkan, “Alhamdulillah, giat kita dalam rangka mengimplementasikan Program Citarum Harum sinergi dengan masyarakat, meskipun ada sebagian dari beberapa desa di wilayah Cimenyan yang masih kurang responsif. “Ini tentunya perlu sosialisasi dari para Kades dan pengurus terkait Citarum Harum. Karena giat kita ingin berkesinambungan. Sejauh ini kondusif,” tegas Suhud.
IMO _ (Gus Basan / Yudin JN)

Tinggalkan Balasan