Tak Kenal Lelah, Sub Sektor 02 & Lurah Cibeunying Cimenyan Sinergi Atasi Persoalan Sampah

Relevansi Seminar Sarasehan Citarum Harum yang diadakan di Graha Sanusi UNPAD Jalan Dipati Ukur No 35 Kota Bandung, pada Kamis, 03 Mei 2018 pukul 09.00 WIB yang diikuti sekitar 500 orang, tentunya patut diapresiasi.

Sarasehan Citarum Harum Nasional tersebut, dihadiri oleh : Menteri Bidang  Kemaritiman (Letjen Purn Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Mohamad Nasir), Letjen Doni Munardo, Rektor Unpad (Tri Hanggono Ahmad), serta para mahasiswa. Inti dari pembahasan itu adalah terkait pembenahan dan pembersihan sampah di Kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya.

IMG_20180503_131910

Tentu kita pun sebagai warga Ciebunying, Cimenyan, Kabupaten Bandung, ikut peduli dalam kiprah terkait persoalan sampah. Karena meski sudah bosan membicarakan masalah sampah, namun tetap harus disikapi sekaligus ditindaklanjuti.

Setidaknya bisa meminimalisir dan menggiring kesadaran warga akan sampah, agar tidak membuang sampah maupun limbah sembarangan, utamanya ke aliran anak sungai Cidurian yang berimbas ke Sungai Citarum. Demikian Asep Rahayu, selaku Kepala Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, ditemui , Kamis (3/5), saat giat kerja bakti di sekitaran anak Sungai Cidurian.

IMG_20180503_131851

Pelda Nursuhud, selaku Dan Sub Sektor 02 (Satgas Citarum Harum, Dan Sektor 22) yang ditugaskan di 3 (tiga) wilayah kecamatan, 2 kecamatan di wilayah Kota Bandung (Cibeunying Kaler, Cibeunying Kidul) dan 1 (satu) wilayah Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, mengungkapkan, untuk giat pembersihan sampah ini yang berimbas ke aliran Sungai Citarum, Tim nya tidak akan kenal lelah. Kapan pun dan di manapun, selama masih permasalahan sampah yang mengerucut ke aliran Sungai Citarum, ya kita benahi, sesuai instruksi Pangdam III Siliwangi. ” Teguran secara persuasif dulu, selebihnyakita tindak andaipun membangkang. Toh ini kan demi kenyamanan kita bersama,” tegas Suhud.

IMG_20180503_130613

Masih kata Asep, terkait persoalan Tong Komposter, atas kreasi dari pemuda setempat di RW 26, Cibeunying : Baca berita sebelumnya : <a href=”Minimalisir Sampah, Nursuhud & Haji Eman Lirik Tong Komposter Kreasi Putra Daerah Cimenyan , Asep Rahayu sangat mendukung sekali. Apalagi di tahun 2018 ini, Kabupaten Bandung dengan Program SABER nya (Sabilulungan Bersih), sebanyak 18 Kecamatan di Kabupaten Bandung akan diintervensi oleh Pemerintah, dalam Program Kampung Sabilulungan Bersih (Saber). ” 18 Kecamatan itu, Kecamatan Cimenyan diantaranya. Dan hal ini sebagai upaya mendukung Program Kabupaten Bandung Bersih Sampah 2020,” paparnya.

Sebagai bentuk apresiasi atas kreatifitas warga sekaligus kepedulian yang keras terkait persoalan sampah, Asep langsung memesan Tong Komposter 4 buah untuk keperluan warga RW 26 Cibeunying, Cimenyan. Harapannya, semoga program warga RW 26 Cibeunying ini dengan Tong Komposternya bisa berjalan dengan sukses. Utamanya bisa memberdayakan warga, para pemuda (Karang Taruna), terkait dengan pemasaran kompos organik dan cairan organik yang bisa dipasarkan ke para petani. Apalagi bisa difasilitasi oleh Dinas Pertanian, akan lebih bagus.

” Insya Allah, kedepan kita fasilitasi kalau sudah berjalan. Selama untuk kemaslahatan bersama, apalagi menyangkut masalah sampah, kenapa tidak kita jembatani ?,” pungkas Asep.
IMO _ Gus Basan/Yudin JN

Tinggalkan Balasan