5 Cara Atasi INSOMNIA Agar Tidur Lebih Nyenyak

Mengalami susah tidur atau “Insomnia”, tidak hanya berdampak kelelahan bagi penderitanya. Seseorang yang kurang tidur akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung yang merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Anda pasti tidak mau terkena sakit jantung hanya karena terbiasa begadang, kan ?

Apa itu Insomnia ?

Menurut dr Nurmiati Amir, SpKJ (K), dari Departemen Ilmu Psikiatri FKUI-RSCM mengatakan, bahwa Insomnia merupakan kondisi medik yang tidak jarang ditemui dan telah diderita oleh banyak orang. Berdasarkan Departemen Kesehatan Amerika, kurang lebih sekitar 64.000 warga Amerika mengalami gangguan tidur atau Insomnia setiap tahun. Dan parahnya, masalah tidur tersebut tidak terdeteksi, sehingga tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tidur merupakan kebutuhan vital untuk tubuh kita. Kekurangan tidur ataupun mendapatkan tidur yang tidak berkualitas akan membuat kesehatan tubuh kita terganggu. Selain itu, jika kita tidak tidur dalam tiga hari, maka akan mengganggu kerja sistem hormonal dan metabolisme dalam tubuh kita.

Namun ada kalanya, memulai tidur menjadi hal yang sulit bagi beberapa orang karena mengalami Insomnia. ” Saya sendiri pun selalu mengalami masalah susah tidur, hal ini sangat mengganggu bagi saya karena pada ke’esokan harinya, badan terasa lemas dan lunglai.

Permasalahan ini juga kerap dialami oleh Santi, salah satu Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Jurusan Biologi. Ia mengatakan, bahwa hampir setiap hari bahkan setiap malam pola tidurnya tidak normal seperti orang lain. Santi sempat mencoba beberapa kali untuk bisa terlelap tidur, dimulai dengan cara mematikan lampu kamarnya, hingga memainkan handphone agar mata terasa lelah dan ngantuk. Tetapi tetap saja, cara sederhana yang dilakukan Santi tidak pernah berhasil.

Apa Penyebab Insomnia ?

Ada beberapa faktor penyebab Insomnia, antara lain, seperti stres atau kekhawatiran berlebih, salah konsumsi obat, terlalu banyak tidur siang dan sering mengkonsumsi makanan/minuman stimulant.

Lalu, apakah cara mengatasi susah tidur ini sulit ? Nyatanya tidak, bahkan sangatlah mudah untuk mengatasi Insomnia asalkan dilakukan dengan konsisten dan sungguh – sungguh.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi Insomnia secara mudah dan efektif yang dapat Anda lakukan :

– Hindari Melihat Ke Arah Jam

Mungkin beberapa diantara Anda memilih memasang jam dinding dalam kamar tidur, dengan tujuan agar bisa terbangun tepat waktu. Akan tetapi, sebetulnya ini justru akan membuat Anda susah tidur alias Insomnia, apalagi jika jam dinding tersebut berhadapan langsung dengan pandangan saat tidur.

– Jaga Kesegaran Udara

Kesegaran udara sangatlah menentukan kualitas tidur Anda. Udara yang kotor dan penuh dengan polusi, sangatlah buruk bagi kualitas tidur, bahkan bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan. Sangat penting sekali Anda selalu menjaga kesegaran udara. Apabila kamar Anda tertutup rapat, silahkan buka sedikit jendela agar oksigen segar bisa masuk ke dalam kamar. Lebih baik lagi apabila Anda juga mengatasi susah tidur dengan alat pembersih udara. Dengan menggunakan alat tersebut selama 30 menit saja, Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang sebenarnya.

– Konsumsi Makanan Yang Mengandung Magnesium

Magnesium merupakan “mineral relaksasi” dan Insomnia dapat terjadi karena tubuh kekurangan magnesium. Mineral ini sebenarnya bertanggung jawab atas lebih dari 300 reaksi enzim pada tulang, otot, dan otak Anda. Magnesium juga baik untuk sel Anda guna menghasilkan energi, menstabilkan membran, dan menenangkan otot.

Adapun makanan yang mengandung Magnesium, antara lain :
– Kacang Almond
– Kacang Mete
– Sayuran Hijau
– Alpukat
– Olahraga Teratur

Seperti dilansir dari laman Cantikitu.com, Sabtu (27/2/2016), secara tak langsung, olahraga sebenarnya dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Semakin banyak aktivitas fisik yang kamu lakukan, maka akan semakin besar tuntutan tubuh untuk beristirahat.

Kedaan tubuh yang lelah sehabis olahraga inilah yang akan membuat kamu tertidur nyenyak di malam hari. Maka dari itu, luangkan waktu 30 menit di pagi hari untuk berolahraga.

– Jangan Lupa Salatnya

Inilah yang paling penting. Sebelum tidur, sebaiknya pastikan Anda (yang beragama Islam) sudah melakukan salat Isya’. Gerakan – gerakan salat Isya’ ternyata secara tak langsung dapat melancarkan peradaran darah menuju otak, sehingga membuat pikiran lebih tenang dan rileks.

Bagaimana, mudah sekali bukan ? Seperti itulah cara mengatasi Insomnia agar tidur lebih nyenyak sampai pagi.

Sangat tidak disarankan bagi Anda mengonsumsi obat tidur. Meski hasilnya luar biasa, tapi itu sangat tidak baik bagi kesehatan jangka panjang. Semoga bermanfaat!