Andri Kurniawan : Pergantian Mendadak Kapolres Karawang, Sah-Sah Saja!

Viral pergantian Kapolres Karawang secara mendadak, mendapat berbagai macam tanggapan dari masyarakat Karawang. Pasalnya, Rabu malam diketahui Surat Telegram bernomor ST/1277 /V/KEP/2018. Tertanggal 9 – 5 – 2018, tentang pergantain Kapolres Karawang dari AKBP Hendy Febrianto Kurniawan, SIK, SH, MH, M.Si kepada AKBP Slamet Waloya, SH, SIK.

Berkaitan pergantian Pimpinan pada Institusi POLRI kan biasa. Apa yang menjadi aneh?” Saya pikir, itu merupakan sesuatu hal yang tidak mengagetkan lagi. Semuanya merupakan penyesuaian kebutuhan institusi, tanpa harus dikait – kaitkan dengan persoalan lain. Karena saya secara pribadi, menilai kinerja Pak Hendy ini sangat luar biasa. Sebagai orang Reserse Kriminal (Reskrim) yang pernah menduduki Jabatan Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya, beliau begitu fokus memberantas segala macam bentuk kejahatan serta tindak kriminal yang dapat menggangu kenyamanan publik,” demikian Andri Kurniawan, selaku Pengamat Pemerintahan dan Politik Kabupaten Karawang, ditemui , Kamis (10/5).

Ada pun, pergantian tersebut dikatakan mendadak. Sebelumnya juga di Karawang pernah ada pergantian Kapolres secara mendadak juga, yakni dari Pak Tubagus Ade Hidayat kepada Pak Daddy Hartadi. Memang kalau dulu, setelah turunnya Surat Telegram, tidak langsung ada Serah Terima Jabatan (Sertijab) seperti sekarang. Bisa jadi masyarakat kaget, karena sehari setelah turunnya Surat Telegram, langsung dilakukan proses Sertijab di Polda Jawa Barat, urainya.

” Menurut saya, itu sah – sah saja. Apanya yang aneh? Mungkin pertimbangannya, Pak Hendy ditarik ke Mabes POLRI. Karena tenaga dan pemikirannya dalam pengabdian, lebih dibutuhkan untuk Mabes POLRI. Ya walau pun sebenarnya, masyarakat Karawang juga masih sangat berharap beliau lebih lama lagi bertugas di Karawang,” bener Andri.

” Namun saya terharu atas respon masyarakat terkait pergantian Kapolres Karawang yang begitu antusias. Dua hari ini beranda Facebook saya terus – terusan dipenuhi oleh postingan warga net yang menyayangkan pergantian Kapolres yang baru bertugas lima Bulan di Karawang”.

” Artinya, kata Andri, kinerja Pak Hendy ini begitu diapresiasi oleh masyarakat Karawang. Mayoritas hampir semua warga net menyayangkan kepindahan beliau ke Mabes POLRI serta memuji kinerja beliau”.

” Tapi ini lah institusi, pertimbangan serta prioritas kebutuhan kerja yang menjadi pertimbangan inti institusi dan pimpinan,” ujarnya lagi.

Terkait adanya dugaan persoalan lain yang menjadi penyebab ditariknya Pak Hendy dari Karawang,” saya berkeyakinan, itu bukan penyebab yang menjadi pertimbangan serta kebijakan pimpinan”.

” Memang Pak Hendy ini merupakan Kapolres Karawang yang terbaik di antara yang terbaik,” pungkas Andri.
(Red JN)