BANDEL! DLH Ungkap Limbah PT Gunajaya, Diduga Milik Pegawai APINDO Kab Bandung

Terkait limbah yang mencemari sungai dalam Program Citarum Harum ini, memang cukup fenomenal! Banyak pabrik dan industri yang dibuat gemetar, karena terus dilakukan pemeriksaan gabungan yang terbentuk dalam Satgas Citarum Harum.

IMG_20180510_132743

Saat dikonfirmasi, Rabu (09-05-18) pukul: 15:15 WIB, terkait dugaan kuat limbah PT Gunajaya Sentosa yang dilakukan pencemaran langsung ke sungai hari Rabu (26-04-18) lalu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung angkat bicara!

IMG_20180510_132707

Saat ditemui , Robby dari DLH Kabupaten Bandung mengungkapkan,” PT Gunajaya Sentosa itu memang sudah dalam pengawasan kami dan Polda Jabar. Pada April lalu sudah kita sidak, dan mereka juga berjanji untuk membenahi IPAL nya, melaporkan seminggu sekali, dan berkomitmen untuk memenuhi baku mutu sesuai aturan, serta bertanggung jawab dalam masalah limbahnya. Tapi kenapa masih seperti ini yah,” ucapnya.

IMG_20180510_132720

” Bila masih seperti ini, patut juga dicurigai masih adanya pencemaran. Memang kami tidak bahas masalah warna limbah yang dibuang, tapi warna juga sebagai indikator ada dugaan pencemaran, apa lagi sampai hitam pekat dan berlumpur. Bila begitu, Sungai Cikakembang Majalaya masih belum aman, terlihat dari alirannya hitam pekat,” ungkap Robby.

Dalam hal ini, pabrik tersebut juga sudah dalam pengawasan Polda Jabar, bahkan jauh sebelumnya, 2016 tahun lalu sudah pernah sampai Mabes Polri. Masalah Limbah PT Gunajaya Sentosa, pemilik juga selaku Ketua Apindo Kabupaten Bandung, jadi masalah yang lantang tentang limbah warna, ya dia sendiri juga, seharusnya bisa mencontohkan untuk yang lain dalam pengolahan limbahnya, beber Robby.

PT Gunajaya Santosa sudah dalam pengawasan Polda Jabar, dan sudah di warning karena melakukan pencemaran lingkungan, yang diduga kuat limbahnya membuang langsung ke sungai. Pada Senin 09 bulan April 2018 sempat dilakukan sidak oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, dan Penegak Hukum setempat.

Ada beberapa point yang harus dibenahi oleh PT Gunajaya Sentosa, terkait pembangkangannya mencemari lingkungan yang akan mengganggu ekosistem, khususnya sungai, karena air sumber kehidupan.

Alex Ferdian Santoso, selaku Direktur PT Gunajaya Sentosa yang berlokasi di Kp.  Rancajigang RT 02/10 Padamulya Majalaya ini masih membuang limbahnya belum memenuhi baku mutu, dan berjanji dalam kurun waktu 3 bulan berkomitmen memenuhi baku mutu, melakukan optimalisasi IPAL sehingga limbah yang dibuang memenuhi baku mutu sesuai dengan aturan Kementerian Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2014 tentang baku mutu. (Hdr JN)