Rustan : Salah Satu Penentu Keberhasilan Pertanian adalah Benih dan Varietas Unggul

bakinnews.com- Toli-toli . Selain dukungan sistem pengairan yang memadai, pembibitan dengan varietas unggul serta penyuluhan terhdap petani merupakan komponen penting bagi pertanian di Toli-toli.
 Rustan Rewa seorang pakar pertanian yang kini dipercaya memegang jabatan Dinas Pertanian dan Holtikulturan Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, mengatakan “Apa yang sudah diletakkan pendahulu di instansi itu sangat relevan dengan misi dan visi pemerintah daerah, kini mulai membuahkan hasil yang harus kita pertanahan dan tingkatkan,” ujarRustan diruang kerjanya beberapa hari lalu ” Apa yang merupakan hasil kerja kolektivitas makanya,saya selalu menekankan semua staf untuk bersinergi dalam menjalankan tugasndan fungsi sebagai insan pertanian.” tutur pria paruh baya ini.
“Transparansi pengelolaan,kegiatan yang ada demi petani  dan mewujudkan harapan kita semua, saya selalu menekankan keterbukaan karena program yang didaerah harus terkoneksi dengan apa yang diprogramkan dari pusat.” lanjut Rustan seraya mempersilahkan suguhan yang ia hidangkan. Persiapan pengairan, teknis yang memadai ,pengadaan benih varietas unggul, merupakan bagian dari kunci penyuksesan program, katanya.
“Program pertanian unggulan lokal sementara kita kembangkan seperti penanaman bawang merah, cabe diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat petani kita. Demikian juga dengan pertanian sawah, disamping benih kita juga menyiapkan tehnologi penanaman dan tehnologj panen dan penggarapan lahan. Sejumlah peralatan ini ada yang kita bagi kelompok ada juga yang dipimjampakaikan saja. Artinya petani boleh meminjam dan dikemblaikan begitu selesai dipergunakan” ungkapnya.
Surplus beras Tolitoli akan terus ditingkat menuju swasembada,  inilah perlu penekanan petani dan petugas bersinergi dalam memilihkan benih.
Penawaran benih unggul, harus benar-benar agar jangan sampai hasil yang harap sesuai keunggulan yang dipersentasekan.”Kita sebagai insan pertanian harus tahu agar bisa benar bisa membantu petani kita” mbuhnya.